Laman

Cerita keseharian

STORY ABOUT ME

Jumat, 07 Oktober 2011

Rumitnya Administrasi Residence

04/10/2012 
Perjalanan menuju Cite: Ria turun distation metro Fives,kami tetap dalam metro. Ternyata menuju Cite S dari Lille Flandres itu metro yang letaknya di bawah tanah melewati Caulier, Fives, Marberie, Hellemes,Lezennes,Pont de Bois, Villeneuve D'ascq, Triolo dan Cite; diatas permukaan tanah. Metro di Lille terdiri dari 2 gerbong dengan kontrol otomatis tanpa supir.
Sampai di Residence Boucher ke bagian Accueil dengan Andri, inilah pertama kalinya aku mendengarkan percakapan bahasa prancis asli dari orang Prancis yang sangat rumit dan sengau. Kami  disarankan pergi ke CROUS dulu,karena hari sudah malam dan CROUS tutup jam 16.30 maka aku dan Anti hanya dikasih kamar sementara untuk malam ini di Res Boucher Batiment J. Bu Riana tetap dapat di Res Bethune yang terletak 30 menit dg TER dari gare, sementara tinggal dikamar anaknya Dima.
Malam hari kami diantar Andri ke pusat perbelanjaan yang terletak di Villeneuve D'ascq (VD) , kami membeli kartu hp prabayar Orange di Auchan; supermarket khas Prancis seperti carefour. Provider yang kuketahui saat ini selain orange; SFR, Bouyegues (baca boik). Teman-teman berlangganan hp dan telepon kabel SFR yang disebut NEUFBOX.
Rabu tanggal 5, kami ke CROUS yang terletak di sekitar stasion metro port de Valencienne (ligne merah) dengan perubahan ligne di Gare Lille Flandre. Di CROUS, kami menyerahkan dokumen: Attetation Logement, Surat BGF/bourse goverment french, Guarranted Letter DIKTI, fotokopi paspor. Akhirnya ada kejelasan letak asrama kami di Res Bachelar, dengan membawa Attestation Bourse dan Bulletin Bourse. Kami semua pergi bareng ke Res Bachelar dengan semua koper, ternyata Res-ku tetap di Boucher sehingga kami balik lagi dengan koper ditangan. Setelah selesai di sekretariat Res dengan memberikan fotokopi dokumen dari CROUS, fotokopi paspor, membayar sewa kamar 189euro, membayar untuk 'panjer' sebesar 1 bulan harga sewa kamar dan memberikan foto serta mengisi beberapa form, kami dapat Attestation Residence yang menerangkan bahwa kami tinggal di Res tersebut sampe 31 Agustus 2012.
Letak Res Boucher lebih dekat dengan station metro Cite dan Res Bachelar lumayan jauh dari station. Walaupun keduanya tetap dalam komplek Cite Scientifique yang terdiri dari Univercite de Lille 1 dan ada beberapa asrama dalam komplek Cite: Res. Boucher, Bachelar, Phytagore, Gallois, Camus, Leonardo Da Vinci. Terdapat 2 metro yaitu cite dan 4 Canton yang merupakan terminus dan tempat parkir.

Tidak ada komentar: