Laman

Cerita keseharian

STORY ABOUT ME

Selasa, 13 Maret 2012

Visa dan OFFI perpanjangan 2012 (PRANCIS)


Maret 2012
Tanya Perpanjangan Visa dan OFFI:
Bonjour temen-temen PPI Prancis,
Saya mau menanyakan tentang visa dan OFII.
Visa saya tanggal 02 oktober 2012 dan OFII tanggal 12 Desember 2012.
Kapankah waktunya harus mengurus perpanjangan VISA/OFII?
Karena saya dapat ijin dari Prof untuk pulang ke Indonesia saat liburan musim panas/bulan Ramadhan yaitu tanggal 15 Juli- 3september 2012 untuk konsultasi dengan pembimbing di UI.
Ada yang bisa menjelaskan:
Apakah saya harus mengurus visa, 3 bulan sebelum visa habis (jadi sebelum 2 juli) yaitu sebelum pulang ke Indonesia atau 3 bulan sebelum OFII habis (sebelum 12 sept) setelah pulang dari Indonesia?
Mohon penjelasannya. Terima Kasih.

Jawab : Irwan Trinugroho/Limoges
Sepengalaman saya, 3 bulan sebelum VISA habis, harus mengajukan permohonan titre de sejour di prefecture terdekat.
Setelah mengajukan permohonan titre de sejour, nanti akan dapat recepisse, sebelum waktu recepisse habis, titre de sejournya harus diambil (biasanya titre de sejour bisa diambil pada tanggal berakhirnya visa). Jadi kalau dalam kasus mbak Irma berarti harus mengajukan titre de sejour 3 bulan sebelum 2 Juli.

Jawab :Andi Liza PATMINASARI/Universite Paul Cezanne, Aix-Marseille III
1. Carte de Sejour itu pengganti OFII, mengajukannya di tempat yang berbeda, kalau OFII di kantor imigrasi, kalo Renouvellement visa atau istilahnya Carte de Sejour, diajukan ke prefecture setempat di bagian service etranger.
2. Biasanya tidak mesti 3 bulan sebelum, mungkin tergantung kotanya juga, seperti saya misalnya di Aix-en-Provence, disuruh datang paling cepat 2 bulan sebelum, karena menurut mereka 3 bulan terlalu cepat. Atau malah tahun ini, karena dokumen saya belum lengkap saya baru mengajukan sebulan sebelum, dan tidak ada masalah.
3. Kalau menurut saran saya, mba irma coba jalan-jalan pagi ke prefecture, minta formulir buat apply carte de sejour, sekalian tanya saya boleh tidak mengajukan 3 bulan sebelum biar agak tenang dan memberitahukan alasannya karena ingin pulang ke indonesia ada keperluan yang sangat mendesak,. Setelah minta formulir isian carte de sejour, nanti disana ada catatannya dokumen apa saja yg harus dilengkapi ketika mengumpulkan carte de sejour, saran saya, kalau belum lengkap lebih baik jangan dipaksa dikumpulkan, sayang saja membuang waktu karena pasti disuruh kembali lagi.
4. kalau dokumen ysng dikumpulkan sudah lengkap,paling lama 2 minggu akan datang surat berisi recipisse.
5 kalau pun belum datang tenang saja mba, toh carte de sejour mba irma kan habisnya oktober, jadi seharusnya mba irma tetep bisa lewat imigrasi di bandara dengan visa yg masih berlaku.. nanti sepulangnya ke lille baru dicek kotak posnya..

Jawab:  Rakhmat Hidayat/Lyon
Jika visa Anda habis 2 Oktober 2012 sementara anda akan kembali ke Lille 3 September, saya sarankan mengurus titre de sejournya setelah tiba 1-2 hari di Lille. Itu akan lebih tenang karena visanya masih berlaku. Jika pulang ke Indonesia juga, akan tenang karena visa masih berlaku.

Pengalaman saya mengurus titre de sejour bulan desember 2011 kemarin, di Lyon aturannya memang 2 bulan sebelum masa berlaku visa habis. Saya coba mengajukan tiga bulan sebelum visa habis, setelah saya datang di Prefecture dengan jam antri yang sangat panjang, akhirnya saya disuruh pulang kembali untuk menunggu 2 bulan sebagaimana menjadi aturan prefecture setempat.

Untuk dokumen bisa dicek di web prefecture Lille. Jangan lupa foto sesuaikan ukuran dan warna yang diatur (warna biru langit/grey).

Kalau recepisse langsung diambil ketika mengurus & menyerahkan dokumen titre de sejour ke prefecture. Ketika recepisse diterima Anda, nanti akan diberikan jadwal RDV(bertemu) dengan prefecture untuk mengambil titre de sejour (sekarang ukurannya lebih kecil seperti KTP Indonesia, sebelumnya ukurannya besar). Ketika RDV mengambil titre de sejour, sediakan timbre & fiscal yg sdh ditentukan prefecture.

JAWAB: Mohammad Ahlis Djirimu/French Riviera
Coba cek di kantor CROUS Lille, biasanya ada Biro khusus mahasiswa yang mengurus carte de sejour baik permulaan maupun perpanjangan tanpa harus antri panjang di préfécture yang menguras tenaga dan waktu. Biro ini buka sejak sept-feb. Jangan lupa, tahun ini selain timbre OFII
sebesar 30€ + timbre fiscal 19€ yang dapat dibeli di préfécture atau trésor public maupun di tabachi.
Selain itu, foto berlatar biru langit.
Coba tanya pak Joy, beliau baru saja sebulan lalui pengalaman ini di Nice.

Tidak ada komentar: