Laman

Cerita keseharian

STORY ABOUT ME

Senin, 08 Februari 2016

Mrngenal Kerja Otak

Notulensi Kajian Ahad Pagi Pekan ke-1, Kajian Mukjizat Al-Qur'an]

Assalaamu'alaykum Wr Wb

✨ Mengenal Kerja Otak melalui Pendekatan Neurosains & Islam ✨

Bersama :
๐Ÿ‘ณ๐Ÿผ dr. Pukovisa Prawiroharjo, SpS
(Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)

๐Ÿ“… Ahad, 7 Februari 2016
⏰ 07.00-09.00 WIB
๐Ÿก Aula Utama Masjid UI Depok

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

๐Ÿ“œ๐ŸŒป Penciptaan Manusia (Adam AS)
๐Ÿ’ŽQ. S. Al-Baqarah : 30-39๐Ÿ’Ž
๐Ÿ’ŽAyat 30
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal kami sentiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu?”. Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya”.

- Manusia adalah makhluk yang penciptaannya sempat diragukan makhluk lainnya. Bahkan malaikat pun menanyakan dan mengkonfirmasi akan kebenaran diciptakannya manusia. Keputusan penciptaan manusia ini membuat makhluk Allah yang lain masuk dalam kehinaan, yaitu iblis. Iblis itu membangkang bukan karena tidak mau menyembah Allah namun karena menolak manusia diciptakan. Iblis membangkang bukan karena tidak beriman melainkan karena iblis itu menolak untuk bersujud kepada manusia. Iblis merasa lebih baik daripada manusia. Iblis diciptakan dari api sedangkan manusia dari tanah.

๐Ÿ’Ž Ayat 31
Dan Ia telah mengajarkan Nabi Adam, akan segala nama benda-benda dan gunanya, kemudian ditunjukkannya kepada malaikat lalu Ia berfirman: “Terangkanlah kepadaKu nama benda-benda ini semuanya jika kamu golongan yang benar”.

๐Ÿ’ŽAyat 32
Malaikat itu menjawab: “Maha suci Engkau (Ya Allah)! Kami tidak mempunyai pengetahuan selain dari apa yang Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkau jualah yang Maha Mengetahui, lagi Maha Bijaksana”.

๐Ÿ’ŽAyat 33
Allah berfirman: “Wahai Adam! Terangkanlah nama benda-benda ini semua kepada mereka”. Maka setelah Nabi Adam menerangkan nama benda-benda itu kepada mereka, Allah berfirman: “Bukankah Aku telah katakan kepada kamu, bahawasanya Aku mengetahui segala rahsia langit dan bumi, dan Aku mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan?”.

๐Ÿ’ŽAyat 34
Dan (ingatlah) ketika kami berfirman kepada malaikat: “Tunduklah (beri hormat) kepada Nabi Adam”. Lalu mereka sekaliannya tunduk memberi hormat melainkan Iblis; ia enggan dan takbur, dan menjadilah ia dari golongan yang kafir.

➡Dalam ayat diatas Allah menjawab keraguan malaikat dengan demonstrasi kemampuam bahasa, nomia, memori (belajar), dan kreativitas (kapasitas kognitif manusia) Adam AS
- Kognitif <-> Otak
Nabi Adam AS diajarkan oleh Allah, kemudian nabi Adam menerangkan semuanya didepan malaikat dan para iblis. Lalu Allah memerintahkan kepada Malaikat untuk menerangkannya, dan malaikat pun mengakui akan Maha Besarnya Allah, malaikat tidak bisa menerangkannya. Inilah argumentasi ilahiah, melalui fungsi kognitif ร  otak, bukan fungsi hati, ginjal, ataupun yang lainnya. Dimana otak ini merupakan organ yang sangat penting bagi manusia.

๐Ÿ“œ๐ŸŒปFungsi Kognitif - Otak
- Menarik Allah memilih demonstrasi fungsi kognitif (bukan lainnya, misalnya kebaikan hati, ketaatan murni, dsb)  sebagai argumentasi ilahiah kepantasan manusia (Adam AS) menjadi khalifah di muka bumi ini.
- Argumentasi ini menyangkal kekhawatiran malaikat, yaitu prediksi manusia yang akan merusak bumi & menumpahkan darah
- Fungsi kognitif yang tepat akan menghasilkan pemimpin yang mencegah kerusakan. Fungsi kognitif ini di demonstrasikan kepada para malaikat & jin dengan menerangkan nama-nama benda dan kegunaannya.
Manusia itu memiliki :
๐Ÿ”น Learning Ability
Merupakan kemampuan belajar
- Hal ini mencakup 5 hal yaitu atensi/konsentrasinya; pemahaman bahasa; visuospasial; memori & ekspresi berbahasa
๐Ÿ”น Creativity ability
Merupakan hasil belajar. Disini setiap orang bisa berkreasi mengekspresikan kemampuan yang dimiliki. Pola berpikir kreasi ini tidak ada pada malaikat [Q. S. Al-Baqarah : 32]

➡Manusia memiliki kepabilitas yg super dibandingkan dengan makhluk yang lainnya, yaitu pada kemampuan belajar & kreativitas. Proses belajar ini menjadi salah satu eksistensi manusia. Kita sebagai manusia jangan sampai berhenti untuk berpikir, belajar, dan berkreativitas.

๐Ÿ“œ๐ŸŒปMembangkangnya Iblis
1.Menentang (minal kaafiriin) karena tidak dapat memahami argumentasi Ilahiyah, rahasia di balik superioritas kognitif manusia.
2.Iblis bagian dari jin: Jin juga memiliki fungsi learning ability & creative ability
3.Argumentasi tidak logis : Iblis merasa superior karena diciptakan dari api, sedangkan manusia dari tanah
4.Emosi, dengan menyatakan argumentasi yang tidak logis (kehilangan nalar), tidak mengakui argumentasi yang lebih baik, ini adalah ciri iblis

Jika kita tidak belajar & berhenti untuk berkreatifitas maka secara tidak sengaja kita telah mematikan eksistensi kita sendiri.

๐Ÿ“œ๐ŸŒปNabi Adam AS Melanggar Batas (Zhalim)
๐Ÿ’ŽQ. S. Al-Baqarah : 37 – 39๐Ÿ’Ž
๐Ÿ’ŽAyat 37
Kemudian Nabi Adam menerima dari Tuhannya beberapa kalimah (kata-kata pengakuan taubat yang diamalkannya), lalu Allah menerima taubatnya; sesungguhnya Allah, Dia lah yang Maha Pengampun (Penerima taubat), lagi Maha Mengasihani.
๐Ÿ’ŽAyat 38
Kami berfirman lagi: “Turunlah kamu semuanya dari syurga itu! Kemudian jika datang kepada kamu petunjuk dari-Ku (melalui Rasul-rasul dan Kitab-kitab yang diturunkan kepada mereka), maka sesiapa yang mengikuti petunjuk-Ku itu nescaya tidak ada kebimbangan (dari sesuatu yang tidak baik) terhadap mereka, dan mereka pula tidak akan berdukacita”.

- Allah SWT memberi banyak kelapangan menikmati surga. Allah SWT memberi batas larangan hanya pada buah khuldi.
- Iblis/syaitan melakukan ‘cognitive abuse’ konstruksi berfikir yang sebenarnya tidak logis. Yaitu jika makan buah khuldi maka akan abadi di surga dan menjadi malaikat. Yang kemudian Adam dan istrinya terpancing & melanggar apa yang dilarang oleh Allah (makan buah khuldi).
- Pemikiran tidak logis & panjang angan-angan akan menjatuhkan martabat manusia sebagai makhluk berpikir. Iblis selalu menawarkn angan-angan yang indah, angan-angan yang bisa membuat logika kita mati.

๐Ÿ“œ๐ŸŒปRefleksi Neurosains dari Kisah Penciptaan Adam AS
- Fungsi kognitif (terutama learning & creativity abilities) adalah ciri manusia & argumentasi Ilahiyah manusia menjadi pemimpin bumi.
- Cognitive abuse pertama kali dilakukan oleh iblis, dengan ciri-ciri berpikir sempit, didasari emosi, argumentasi yang lahir tidak logis.
- Learning & creativity abilities akan berfungsi baik dengan menggunakan seluruh 5 domain kognitif manusia yaitu atensi (perhatian), bahasa, memori (ingatan), visuospasial, fungsi eksekutif (analisis kesimpulan)).
- Belajar & berkreasi ialah harmoni alunan neurotransmitter eksitatorik & inhibitori.
--Neurotransmitter eksitatorik adalah neurotransmitter yang merangsang reaksi-reaksi zat yang lain.
--Neurotransmitter inhibitori adalah neurotransmitter yang  menghambat reaksi-reaksi zat yang lain.
- Manusia harus dididik agar berkapabilitas tinggi dalam kemampuan belajar & berkreasi. Sistem saraf kita itu bisa mengeluarkan zat kimia melalui neurotrasnmitter
- Mampu belajar dan berkreasi (harmoni neurotransmitter eksitatorik) saja tidak cukup membuat manusia mulia.
- Kemuliaan manusia ini dapat jatuh saat tidak bisa  mengendalikan diri
- Memahami koridor/batasan lalu mampu mengendalikan diri adalah kemampuan kognitif tingkat tinggi -> harmoni neurotransmitter inhibitorik

✨#Suatu lukisan itu berharga justru karena kanvas yang berbatas#✨

๐Ÿ“œ๐ŸŒปPendidikan manusia
- Kapabilitas tinggi dalam kemampuan belajar & berkreasi ; secara bersamaan
- Kapabilitas tinggi dalam memahami batasan & pengendalian diri.
๐Ÿ“‹๐Ÿ“ŒKonteks simponi 2 harmoni
- Bersyukur, Berlaku adil
- Bijaksana
- Sabar

๐Ÿ“œ๐ŸŒป Kemampuan Memahami Koridor/Batasan
- Manusia diberi kebebasan (Free-Will) untuk  memilih visi orientasi hidup, visi kekufuran atau ketakwaan.
- Norma sosial masyarakat.
- Norma Ilahiyah: Sepakat ada Tuhan; Sepakat Tuhan itu Allah; Sepakat nabi, termasuk nabi Muhammad SAW & sistem Islam; Koridor dicari dari Al-Quran dan Hadist

๐Ÿ“œ๐ŸŒป Otak sebagai Panglima Kecirian Manusia
- Fungsi kognitif, baik
- Otak membuat
 manusia menjadi manusia
- Otak dan sistem inderanya yang akan diminta pertanggungjawaban

๐Ÿ“œ๐ŸŒปPenglihatan, Pendengaran, Qolbu diminta Pertanggungjawaban
๐Ÿ’ŽQ.S. Al Isra’ 36๐Ÿ’Ž
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.
Maka dari itu jangan mengikuti hal yang belum diketahui akan kebenarannya, hal ini merupakan martabat akal/kognitif.

๐Ÿ’ŽQ.S. Al An’am 46๐Ÿ’Ž
Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku jika Allah mencabut pendengaran dan penglihatan serta menutup hatimu, siapakah tuhan selain Allah yang kuasa mengembalikannya kepadamu?" Perhatikanlah, bagaimana Kami berkali-kali memperlihatkan tanda-tanda kebesaran (Kami), kemudian mereka tetap berpaling (juga).

๐Ÿ“œ๐ŸŒป Sistem Pendengaran
- Suara melalui sistem telinga (luar, tengah, dalam), kemudian ditangkap oleh sistem saraf telinga - jaras eferen (naik) yang kemudian diproyeksikan ke otak.
- Sistem persepsi auditorik primer dan sekunder : baru mengenal bunyi, belum mengenal bahasa
- Sistem bahasa : mengenal ini bahasa, lalu baru memahami maksudnya.

๐Ÿ“œ๐ŸŒปSistem Penglihatan
- Objek visual terkena cahaya, lalu direfraksikan oleh seluruh bagian mata (kornea, lensa, cairan vitreous, dsb) menuju sistem Retina
- Sistem persepsi visual primer dan sekunder : mengenali objek
- Sistem penangkap gerak (motion) : mengenali gerak/dinamika objek.

๐Ÿ“œ๐ŸŒป Apa kabar dengan Indera lain?
- Apakah indera lain eksteroseptif : kulit, hidung, lidah tidak diminta pertanggungjawaban?
- Apakah indera lain interoseptif: vestibuler & proprioseptif tidak diminta pertanggungjawaban?
- Tidak, semuanya diminta. Seluruh indera lain sudah terangkum dalam Qolbu/Fuad (etimologi bahasa arab : Jantung).

๐Ÿ“œ๐ŸŒปMendefinisikan ulang Qolbu/Fuad
- Disebut setara dengan sistem penglihatan & pendengaran -> maksudnya adalah sistem reseptor sampai persepsi
- Jantung memiliki jalinan langsung ke otak (terutama sistem limbik) dengan pola interaksi paling intim dibandingkan organ lain, dengan arus komunikasi terutama sistem saraf otonom
- Indera hidung, kulit, lidah, vestibular, proprioseptif dihantarkan ke otak untuk dipersepsi juga melalui sistem saraf otonom

๐Ÿ“œ๐ŸŒปSains yang muncul dari Kognitif Manusia
๐Ÿ“‹๐Ÿ“ŒQ.S. Al-Baqarah : 164 -- IPA (Ilmiah)
-- Berbicara mengenai fakta alam, pengamatan yang komprehensif, teori ilmiah alam, hukum alamiah, dipakai inovasi/rekayasa.
-- Susunan redaksi : Berpikir induktif.

๐Ÿ“‹๐Ÿ“ŒQ. S. Al-Baqarah : 178 -> IPS (Sosial)
-- Berbicara mengenai fakta sosial, pengamatan komprehensif, komparasi antar fakta/uji coba sosial mana yang paling menjamin konstruksi kehidupan sosial terbaik, teori sosial, hukum sosial, dipakai inovasi/rekayasa.

๐Ÿ“‹๐Ÿ“ŒQ. S. Al-Baqarah : 219 -- IPC (Gabungan antara sains dan sosial)
Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir.
-- Sosial : Khamar dan judi itu mengandung dosa yang besar.
-- Ilmiah : Ada manfaat dan kerugian. Namun lebih banyak kerugiannya.
-- Fakta sosial & alam -> Berbicara mengenai pengamatan yang komprehensif & diskusi antar pakar cabang ilmu, komparasi  teori/konsensus ilmiah antar cabang ilmu, hukum sosial & alamiah, dipakai inovasi/rekayasa

๐Ÿ“œ๐ŸŒป10 Prasyarat Otak Sehat :
๐Ÿ“‹๐Ÿ“Œ4 Bebas Pengganggu
1. Bebas zat neurotoksik (Napza, Rokok, Alkohol)
2. Bebas penyakit neurotoksik (Diabetes, Gangguan ginjal, Hepar, Genetik)
3. Suplai darah (Vaskularisasi) otak optimal
4. Bebas penyakit otak (Nyeri kepala, stroke, Cedera otak, epilepsi, demensia)

๐Ÿ“‹๐Ÿ“Œ4 Bahan Baku Otak Sehat
1. Nutrisi bahan baku neurotropik
Makan makanan yang baik & bergizi ๐Ÿ’ŽQ. S. Al-Baqarah : 57, 168๐Ÿ’Ž
๐Ÿ’ŽAyat 57 :
“Dan Kami naungi kamu dengan awan, dan Kami turunkan kepadamu “manna” dan “salwa”. makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu; dan tidaklah mereka Menganiaya kami; akan tetapi merekalah yang Menganiaya diri mereka sendiri.”
๐Ÿ’ŽAyat 168 :
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
2. Stimulus sensorik sehat & merangsang tumbuh neuron-sinaps)
3. Olahraga yang cukup
4. Istirahat yang cukup

๐Ÿ“‹๐Ÿ“Œ2 Akhlak Mulia
1. Spiritualitas dan rohani sehat.
2. Sistem lumbik sehat, positive mental attitude (PMA)

[Tanya ~ Jawab]
1⃣Narkoba merusak 3 bagian otak, bagaimana pornografi apakah juga merusak? Jika sudah rusak, apakah sudah tidak bisa berkembang?
➡ Prinsipnya, otak yang sudah rusak itu bisa berkembang lagi. Problemnya harus dihentikan. Kalau dia terkena narkoba, harus dihentikan. Termasuk pornografi. Harus dihentikan. Lingkungan bagaimana? Hijrah. Karena harus dihindarkan dari lingkungan seperti itu. Jika kita hanya merubah ‘orang’nya tanpa merubah pola masyarakat, sama saja. Dalam merubah harus berbasis komuniti tidak perorangan.

2⃣ Banyak orang tua berkata kasar , apakah itu juga membuat otak mengecil?
➡Dalam parenting prinsipnya yang mematikan nalar kita hindari. Kita bisa membatasi anak tanpa mematikan nalar. Jangan melarang tanpa alasan. Anak nangis, teriak, untuk membuatnya diam, konsepnya kita berikan pengetahuan. ‘Nak, kalau kamu diteriaki suka tidak?, ‘Nah jika tidak, ayah pun juga tidak suka jika kamu teriaki’.
Apa yang kamu tidak suka, ya jangan dilakukan ke orang lain.

3⃣ Cairan apa yg diperlukan oleh otak, yang itu diperoleh saat sujud?
➡ Cairan itu nutrisi, korteks bagian depan. Otak bagian depan itu sebagai kepribadian. Saat sujud sesuai gravitasinya, maka aliran darah akan turun ke depan. Hal tersebut benar adanya.

4⃣ Munculnya God Spot apakah di otak atau di hati?
➡Hal ini diawali oleh sebuah penelitian, 2 manusia yang dimasukkan ke dalam MRI. Yang pertama diminta doanya asal-asalan, dan yang satunya diminta untuk khusuk. Dan ketika ada penyerahan diri total, ada spot/titik yang muncul saat doanya khusuk, kita sampai pada refleksi yang dalam, baru akan muncul God Spot (pusat spiritual yang terkandung di dalam otak manusia). Titiknya ada di otak. Allah meletakkan saraf God Spot di dalam otak manusia kerana itu adalah pilihan-Nya sebagai salah satu cara untuk Dia berhubungan dengan hamba-Nya. Dan kita sebagai hamba boleh mengembangkan lagi saraf ini jika kita mau lebih mengenali dan memahami tentang kekuasaan Allah.

✨Karena kami tidak sekedar memberi informasi tapi senantiasa untuk selalu menginspirasi๐Ÿ˜„

Wassalaamu'alaykum Wr Wb


☀--Bidang Takmir dan Dakwah Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok--☀
๐ŸŒ : mesjidui.ui.ac.id
๐Ÿ“น : bit.ly/mesjidui
๐Ÿค : @masjidUI

Tidak ada komentar: