๐ค Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasi Syariah)
(Sumber: Copas WA grup ODALF)
Benarkah Shalat Dhuha Membuka Pintu Rezeki?
Apakah shalat dhuha memperlancar rezeki? trimโs
Vito
Jawab:
Bismillah was shalatu was salamu โala rasulillah, amma baโdu,
Islam mengajarkan, agar kita berusaha mengejar kebahagiaan akhirat sebanyak-banyaknya, melebihi usaha kita dalam mengejar dunia.
โููุงุจูุชูุบู ูููู ูุง ุขุชูุงูู ุงูููููู ุงูุฏููุงุฑู ุงููุขุฎูุฑูุฉู ููููุง ุชูููุณู ููุตููุจููู ู ููู ุงูุฏููููููุง
Carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi. (QS. Al-Qashas: 77)
Anda bisa perhatikan, Allah mengajak kita untuk menjadikan dunia ini kesempatan mencari kebahagiaan bagi akhirat, sebisa yang kita lakukan. Akan tetapi, jangan 100%. Jangan lupakan bagian dari kehidupan dunia.
Setiap muslim, pasti dia melakukan aktivitas dunia dan aktivitas akhirat. Berdasarkan ayat di atas, seharusnya aktivitas akhirat, lebih banyak dari pada aktivitas dunia. Dengan kata lain, orientasi akhirat, lebih dominan dari pada orientasi dunia.
Namun sangat disayangkan, di zaman ini, prinsip yang diajarkan pada ayat di atas dibalik. Orientasi dunia, jauh lebih dominan dari pada orientasi akhirat. Bahkan sampai amal ibadah yang seharusnya dilakukan untuk akhirat, turut dikorbankan untuk mendapatkan dunia.
Lebih dari itu, ada satu ayat yang selayaknya perlu kita ingat ketika kita sedang beramal. Yaitu firman Allah,
โู ููู ููุงูู ููุฑููุฏู ุงููุญูููุงุฉู ุงูุฏููููููุง ููุฒููููุชูููุง ููููููู ุฅูููููููู ู ุฃูุนูู ูุงููููู ู ูููููุง ููููู ู ูููููุง ููุง ููุจูุฎูุณูููู . ุฃููููุฆููู ุงูููุฐูููู ููููุณู ููููู ู ููู ุงููุขุฎูุฑูุฉู ุฅููููุง ุงููููุงุฑู ููุญูุจูุทู ู ูุง ุตูููุนููุง ูููููุง ููุจูุงุทููู ู ูุง ููุงูููุง ููุนูู ูููููู
โSiapa yang menginginkan kehidupan dunia dan perhiasannya maka akan Kami berikan imbalan amal mereka di dunia dan tidak dikurangi. Mereka itulah orang-orang yang hanya akan mendapatkan neraka di akhirat dan terhapuslah segala yang telah mereka lakukan dan batal perbuatan yang telah mereka lakukan.โ (QS. Hud: 15 โ 16).
Untuk itu, murnikan niat amal kita untuk mendapat ridha Allah, dan bukan tendensi dunia. Agar amal kita menjadi amal yang ikhlas.
Keutamaan Shalat Dhuha untuk Akhirat
Terdapat banyak keutamaan shalat dhuha. Dan jika perhatikan, Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam lebih banyak menekankan masalah akhirat.
Kita simak beberapa hadis berikut,
I Pertama, hadis dari Abu Buraidah radhiyallahu โanhu, bahwa Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
โููู ุงูุฅูููุณูุงูู ุซููุงูุซูู ูุงุฆูุฉู ููุณูุชููููู ู ูููุตููุงู ููุนููููููู ุฃููู ููุชูุตูุฏูููู ุนููู ููููู ู ูููุตููู ู ููููู ุจูุตูุฏูููุฉู ยป. ููุงูููุง ููู ููู ููุทูููู ุฐููููู ููุง ููุจูููู ุงูููููู ููุงูู ยซ ุงููููุฎูุงุนูุฉู ููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ุชูุฏูููููููุง ููุงูุดููููุกู ุชูููุญููููู ุนููู ุงูุทููุฑูููู ููุฅููู ููู ู ุชูุฌูุฏู ููุฑูููุนูุชูุง ุงูุถููุญูู ุชูุฌูุฒูุฆููู
Dalam diri manusia terdapat 360 ruas tulang, wajib bagi semua orang untuk mensedekahi setiap ruas tulangnya.โ Para sahabat bertanya: โSiapakah yang mampu melakukan hal itu, wahai Nabi Allah?โ Beliau bersabda: โMenutupi ludah di masjid dengan tanah, menyingkirkan sesuatu dari jalan (bernilai sedekah). Jika kamu tidak bisa mendapatkan amalan tersebut maka dua rakaat Dhuha menggantikan (kewajiban)mu.โ (HR. Abu Daud 5242, Ahmad 23037 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
II Kedua, hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu โanhu,
โุจูุนูุซู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุจูุนูุซูุง ููุฃูุนูุธูู ููุง ุงููุบููููู ูุฉู ุ ููุฃูุณูุฑูุนููุง ุงููููุฑููุฉู ุ ููููุงูู ุฑูุฌููู : ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุ ู ูุง ุฑูุฃูููููุง ุจูุนูุซูุง ููุทูู ุฃูุณูุฑูุนู ููุฑููุฉู ุ ูููุง ุฃูุนูุธูู ู ู ููููู ุบููููู ูุฉู ู ููู ููุฐูุง ุงููุจูุนูุซู ุ ููููุงูู : ุฃููุง ุฃูุฎูุจูุฑูููู ู ุจูุฃูุณูุฑูุนู ููุฑููุฉู ู ููููู ุ ููุฃูุนูุธูู ู ุบููููู ูุฉู ุ ุฑูุฌููู ุชูููุถููุฃู ููู ุจูููุชููู ููุฃูุญูุณููู ููุถููุกููู ุ ุซูู ูู ุชูุญูู ูููู ุฅูููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ููุตููููู ููููู ุงููุบูุฏูุงุฉู ุ ุซูู ูู ุนููููุจู ุจูุตููุงุฉู ุงูุถููุญูููุฉู ุ ููููุฏู ุฃูุณูุฑูุนู ุงููููุฑููุฉู ุ ููุฃูุนูุธูู ู ุงููุบููููู ูุฉู
โRasulullah shallallahu โalaihi wa sallam mengutus sekelompok utusan perang, kemudian utusan ini membawa banyak harta rampasan perang dan pulangnya cepat. Kemudian ada seorang berkata: โWahai Rasulallah, kami tidak pernah melihat kelompok yang lebih cepat pulang dan lebih banyak membawa ghanimah melebihi utusan ini.โ Kemudian Beliau menjawab: โMaukah aku kabarkan keadaan yang lebih cepat pulang membawa kemenangan dan lebih banyak membawa rampasan perang? Yaitu seseorang berwudlu di rumahnya dan menyempurnakan wudlunya kemudian pergi ke masjid dan melaksanakan shalat subuh kemudian (tetap di masjid) dan diakhiri dengan shalat Dhuha. Maka orang ini lebih cepat kembali pulang membawa kemenangan dan lebih banyak rampasan perangnya.โ
(HR. Abu Yaโla dalam Musnadnya no. 6559, Ibn Hibban dalam Shahihnya no 2535, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wat Tarhib 664)
III Ketiga, hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu โanhu, Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
โููุง ููุญูุงููุธู ุนูููู ุตููุงุฉู ุงูุถููุญูู ุฅููุง ุฃููููุงุจูุ ูููููู ุตูููุงุฉู ุงููุฃููููุงุจูููู
Dari Abu Hurairah radhiyallahu โanhu, Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda: โTidak ada yang menjaga shalat Dhuha kecuali para Awwabinโ beliau mengatakan: โShalat Dhuha adalah shalatnya para Awwabinโ
(HR. Ibn Khuzaimah dalam Shahihnya no. 1224, Hakim dalam Mustadrak 1182 dan dihasankan al-Aโdzami)
Awwabiin berasal dari kata Awwab, artinya orang yang kembali. Disebut Awwabin, karena mereka adalah orang yang kembali kepada Allah dengan melakukan ketaatan. (simak Faidhul Qadir 1/408).
Dan masih ada beberapa hadis lainnya.
Shalat Dhuha Vs Rezeki Lancar
Ada satu hadis, yang mungkin karena hadis ini masyarakat mengkaitkan shalat dhuha dengan pintu rezeki. Hadis dari Uqbah bin Amir al-Juhani radhiyallahu โanhu, Rasulullah โshallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
โุฅูููู ุงูููููู ุนูุฒูู ููุฌูููู ููููููู ููุง ุงุจููู ุขุฏูู ู ุงููููููู ุฃูููููู ุงููููููุงุฑู ุจูุฃูุฑูุจูุนู ุฑูููุนูุงุชู ุฃููููููู ุจูููููู ุขุฎูุฑู ููููู ููู
Sesungguhnya Allah berfirman: โWahai โanak adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi โdirimu dengan shalat itu di akhir harimu.โ (HR. Ahmad 17390, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wat Tarhib 666 dan Syuaib al-Arnauth).โ
Keterangan:
1. Ulama berbeda pendapat tentang 4 rakaat di awal siang yang dimaksudkan โdi hadis ini. Ada yang mengatakan: shalat dhuha, ada yang berpendapat: shalat โisyraq, dan ada juga yang mengatakan: shalat qabliyah subuh dan shalat subuh. โSebagaimana keterangan Mula Ali Al-Qori dalam Al-Mirqah (3/980). Dan โditegaskan oleh Ibnu Abdil Bar bahwa para ulama memahami empat rakaat โtersebut adalah shalat dhuha (Al-Istidzkar, 2/267)โ
2. Tentang kalimat โAku akan penuhi โdirimuโ Imam as-Sindi menjelaskan ada beberapa kemungkinan makna,
3. Aku cukupi dirimu sehingga terhindar dari kecelakaan dan segala musibah
4. Aku cukupi dirimu dengan diberikan penjagaan dari dosa dan ampunan terhadap perbuatan dosa yang dilakukan di hari itu.
5. Aku cukupi dirimu dalam segala hal.
(Taโliq Musnad Ahmad Syuaib al-Arnauth, 28/613).
Jika kita perhatikan, hadis di atas tidak secara tegas menunjukkan bahwa shalat dhuha membuka kunci pintu rezeki. Hadis ini hanya menjelaskan janji Allah bagi orang yang shalat 4 rakaat di pagi hari, baik shalat subuh, qabliyah subuh atau shalat dhuha, akan dicukupi di akhir hari. Itupun dengan syarat, shalat 4 rakaat di waktu pagi itu dilakukan ikhlas untuk Allah, bukan karena tendensi untuk dunia.
Karena Allah berfirman, โlaksanakan untuk-Ku 4 rakaat..โ kata untuk-Ku menunjukkan bahwa itu harus dilakukan dengan ikhlas.
Namun jika tendensinya untuk dunia, untuk melancarkan rezeki, berarti shalat ini dikerjakan bukan murni untuk mengharap ridha Allah. Tapi untuk yang lainnya.
Allahu aโlam
(Sumber: Copas WA grup ODALF)
Benarkah Shalat Dhuha Membuka Pintu Rezeki?
Apakah shalat dhuha memperlancar rezeki? trimโs
Vito
Jawab:
Bismillah was shalatu was salamu โala rasulillah, amma baโdu,
Islam mengajarkan, agar kita berusaha mengejar kebahagiaan akhirat sebanyak-banyaknya, melebihi usaha kita dalam mengejar dunia.
โููุงุจูุชูุบู ูููู ูุง ุขุชูุงูู ุงูููููู ุงูุฏููุงุฑู ุงููุขุฎูุฑูุฉู ููููุง ุชูููุณู ููุตููุจููู ู ููู ุงูุฏููููููุง
Carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi. (QS. Al-Qashas: 77)
Anda bisa perhatikan, Allah mengajak kita untuk menjadikan dunia ini kesempatan mencari kebahagiaan bagi akhirat, sebisa yang kita lakukan. Akan tetapi, jangan 100%. Jangan lupakan bagian dari kehidupan dunia.
Setiap muslim, pasti dia melakukan aktivitas dunia dan aktivitas akhirat. Berdasarkan ayat di atas, seharusnya aktivitas akhirat, lebih banyak dari pada aktivitas dunia. Dengan kata lain, orientasi akhirat, lebih dominan dari pada orientasi dunia.
Namun sangat disayangkan, di zaman ini, prinsip yang diajarkan pada ayat di atas dibalik. Orientasi dunia, jauh lebih dominan dari pada orientasi akhirat. Bahkan sampai amal ibadah yang seharusnya dilakukan untuk akhirat, turut dikorbankan untuk mendapatkan dunia.
Lebih dari itu, ada satu ayat yang selayaknya perlu kita ingat ketika kita sedang beramal. Yaitu firman Allah,
โู ููู ููุงูู ููุฑููุฏู ุงููุญูููุงุฉู ุงูุฏููููููุง ููุฒููููุชูููุง ููููููู ุฅูููููููู ู ุฃูุนูู ูุงููููู ู ูููููุง ููููู ู ูููููุง ููุง ููุจูุฎูุณูููู . ุฃููููุฆููู ุงูููุฐูููู ููููุณู ููููู ู ููู ุงููุขุฎูุฑูุฉู ุฅููููุง ุงููููุงุฑู ููุญูุจูุทู ู ูุง ุตูููุนููุง ูููููุง ููุจูุงุทููู ู ูุง ููุงูููุง ููุนูู ูููููู
โSiapa yang menginginkan kehidupan dunia dan perhiasannya maka akan Kami berikan imbalan amal mereka di dunia dan tidak dikurangi. Mereka itulah orang-orang yang hanya akan mendapatkan neraka di akhirat dan terhapuslah segala yang telah mereka lakukan dan batal perbuatan yang telah mereka lakukan.โ (QS. Hud: 15 โ 16).
Untuk itu, murnikan niat amal kita untuk mendapat ridha Allah, dan bukan tendensi dunia. Agar amal kita menjadi amal yang ikhlas.
Keutamaan Shalat Dhuha untuk Akhirat
Terdapat banyak keutamaan shalat dhuha. Dan jika perhatikan, Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam lebih banyak menekankan masalah akhirat.
Kita simak beberapa hadis berikut,
I Pertama, hadis dari Abu Buraidah radhiyallahu โanhu, bahwa Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
โููู ุงูุฅูููุณูุงูู ุซููุงูุซูู ูุงุฆูุฉู ููุณูุชููููู ู ูููุตููุงู ููุนููููููู ุฃููู ููุชูุตูุฏูููู ุนููู ููููู ู ูููุตููู ู ููููู ุจูุตูุฏูููุฉู ยป. ููุงูููุง ููู ููู ููุทูููู ุฐููููู ููุง ููุจูููู ุงูููููู ููุงูู ยซ ุงููููุฎูุงุนูุฉู ููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ุชูุฏูููููููุง ููุงูุดููููุกู ุชูููุญููููู ุนููู ุงูุทููุฑูููู ููุฅููู ููู ู ุชูุฌูุฏู ููุฑูููุนูุชูุง ุงูุถููุญูู ุชูุฌูุฒูุฆููู
Dalam diri manusia terdapat 360 ruas tulang, wajib bagi semua orang untuk mensedekahi setiap ruas tulangnya.โ Para sahabat bertanya: โSiapakah yang mampu melakukan hal itu, wahai Nabi Allah?โ Beliau bersabda: โMenutupi ludah di masjid dengan tanah, menyingkirkan sesuatu dari jalan (bernilai sedekah). Jika kamu tidak bisa mendapatkan amalan tersebut maka dua rakaat Dhuha menggantikan (kewajiban)mu.โ (HR. Abu Daud 5242, Ahmad 23037 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
II Kedua, hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu โanhu,
โุจูุนูุซู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุจูุนูุซูุง ููุฃูุนูุธูู ููุง ุงููุบููููู ูุฉู ุ ููุฃูุณูุฑูุนููุง ุงููููุฑููุฉู ุ ููููุงูู ุฑูุฌููู : ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุ ู ูุง ุฑูุฃูููููุง ุจูุนูุซูุง ููุทูู ุฃูุณูุฑูุนู ููุฑููุฉู ุ ูููุง ุฃูุนูุธูู ู ู ููููู ุบููููู ูุฉู ู ููู ููุฐูุง ุงููุจูุนูุซู ุ ููููุงูู : ุฃููุง ุฃูุฎูุจูุฑูููู ู ุจูุฃูุณูุฑูุนู ููุฑููุฉู ู ููููู ุ ููุฃูุนูุธูู ู ุบููููู ูุฉู ุ ุฑูุฌููู ุชูููุถููุฃู ููู ุจูููุชููู ููุฃูุญูุณููู ููุถููุกููู ุ ุซูู ูู ุชูุญูู ูููู ุฅูููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ููุตููููู ููููู ุงููุบูุฏูุงุฉู ุ ุซูู ูู ุนููููุจู ุจูุตููุงุฉู ุงูุถููุญูููุฉู ุ ููููุฏู ุฃูุณูุฑูุนู ุงููููุฑููุฉู ุ ููุฃูุนูุธูู ู ุงููุบููููู ูุฉู
โRasulullah shallallahu โalaihi wa sallam mengutus sekelompok utusan perang, kemudian utusan ini membawa banyak harta rampasan perang dan pulangnya cepat. Kemudian ada seorang berkata: โWahai Rasulallah, kami tidak pernah melihat kelompok yang lebih cepat pulang dan lebih banyak membawa ghanimah melebihi utusan ini.โ Kemudian Beliau menjawab: โMaukah aku kabarkan keadaan yang lebih cepat pulang membawa kemenangan dan lebih banyak membawa rampasan perang? Yaitu seseorang berwudlu di rumahnya dan menyempurnakan wudlunya kemudian pergi ke masjid dan melaksanakan shalat subuh kemudian (tetap di masjid) dan diakhiri dengan shalat Dhuha. Maka orang ini lebih cepat kembali pulang membawa kemenangan dan lebih banyak rampasan perangnya.โ
(HR. Abu Yaโla dalam Musnadnya no. 6559, Ibn Hibban dalam Shahihnya no 2535, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wat Tarhib 664)
III Ketiga, hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu โanhu, Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
โููุง ููุญูุงููุธู ุนูููู ุตููุงุฉู ุงูุถููุญูู ุฅููุง ุฃููููุงุจูุ ูููููู ุตูููุงุฉู ุงููุฃููููุงุจูููู
Dari Abu Hurairah radhiyallahu โanhu, Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda: โTidak ada yang menjaga shalat Dhuha kecuali para Awwabinโ beliau mengatakan: โShalat Dhuha adalah shalatnya para Awwabinโ
(HR. Ibn Khuzaimah dalam Shahihnya no. 1224, Hakim dalam Mustadrak 1182 dan dihasankan al-Aโdzami)
Awwabiin berasal dari kata Awwab, artinya orang yang kembali. Disebut Awwabin, karena mereka adalah orang yang kembali kepada Allah dengan melakukan ketaatan. (simak Faidhul Qadir 1/408).
Dan masih ada beberapa hadis lainnya.
Shalat Dhuha Vs Rezeki Lancar
Ada satu hadis, yang mungkin karena hadis ini masyarakat mengkaitkan shalat dhuha dengan pintu rezeki. Hadis dari Uqbah bin Amir al-Juhani radhiyallahu โanhu, Rasulullah โshallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
โุฅูููู ุงูููููู ุนูุฒูู ููุฌูููู ููููููู ููุง ุงุจููู ุขุฏูู ู ุงููููููู ุฃูููููู ุงููููููุงุฑู ุจูุฃูุฑูุจูุนู ุฑูููุนูุงุชู ุฃููููููู ุจูููููู ุขุฎูุฑู ููููู ููู
Sesungguhnya Allah berfirman: โWahai โanak adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi โdirimu dengan shalat itu di akhir harimu.โ (HR. Ahmad 17390, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wat Tarhib 666 dan Syuaib al-Arnauth).โ
Keterangan:
1. Ulama berbeda pendapat tentang 4 rakaat di awal siang yang dimaksudkan โdi hadis ini. Ada yang mengatakan: shalat dhuha, ada yang berpendapat: shalat โisyraq, dan ada juga yang mengatakan: shalat qabliyah subuh dan shalat subuh. โSebagaimana keterangan Mula Ali Al-Qori dalam Al-Mirqah (3/980). Dan โditegaskan oleh Ibnu Abdil Bar bahwa para ulama memahami empat rakaat โtersebut adalah shalat dhuha (Al-Istidzkar, 2/267)โ
2. Tentang kalimat โAku akan penuhi โdirimuโ Imam as-Sindi menjelaskan ada beberapa kemungkinan makna,
3. Aku cukupi dirimu sehingga terhindar dari kecelakaan dan segala musibah
4. Aku cukupi dirimu dengan diberikan penjagaan dari dosa dan ampunan terhadap perbuatan dosa yang dilakukan di hari itu.
5. Aku cukupi dirimu dalam segala hal.
(Taโliq Musnad Ahmad Syuaib al-Arnauth, 28/613).
Jika kita perhatikan, hadis di atas tidak secara tegas menunjukkan bahwa shalat dhuha membuka kunci pintu rezeki. Hadis ini hanya menjelaskan janji Allah bagi orang yang shalat 4 rakaat di pagi hari, baik shalat subuh, qabliyah subuh atau shalat dhuha, akan dicukupi di akhir hari. Itupun dengan syarat, shalat 4 rakaat di waktu pagi itu dilakukan ikhlas untuk Allah, bukan karena tendensi untuk dunia.
Karena Allah berfirman, โlaksanakan untuk-Ku 4 rakaat..โ kata untuk-Ku menunjukkan bahwa itu harus dilakukan dengan ikhlas.
Namun jika tendensinya untuk dunia, untuk melancarkan rezeki, berarti shalat ini dikerjakan bukan murni untuk mengharap ridha Allah. Tapi untuk yang lainnya.
Allahu aโlam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar